penyebab-keputihan

Saturday 24 May 2014

// // Leave a Comment

Apa penyebab keputihan flek darah?

Keputihan bisa jadi merupakan kondisi yang normal dialami oleh wanita. Penyebab keputihan ini adalah karena perubahan hormonal. Bisa jadi juga, keputihan terjadi tidak normal. Bila keputihan normal, cairan yang keluar bening, tidak berbau, dan tidak kental. Penyebab keputihan ini bisa bermacam-macam. Salah satu jenis keputihan yang termasuk tidak wajar adalah keputihan yang disertai dengan munculnya flek darah. Sebelum lebih lanjut berbicara mengenai apa penyebab keputihan ini, perlu dijelaskan terlebih dahulu mengenai flek darah yang muncul di organ kewanitaan.

Sebelum lebih lanjut mengenai penyebab keputihan yang disertai flek darah, perlu diketahui dahulu bahwa flek darah bisa timbul karena berbagai keadaan. Flek darah bisa menjadi tanda bahwa siklus haid terganggu. Gangguan ini terjadi karena adanya gangguan pada keseimbangan hormon. Selain itu gangguan bisa juga terjadi karena terjadi infeksi pada saluran reproduksi. Munculnya flek darah karena gangguan keseimbangan hormon menyebabkan pola menstruasi juga berubah. Gangguan siklus haid ini tidak menjadi penyebab keputihan flek darah.
Bila tidak ada gangguan pada siklus haid, berarti flek darah tersebut mungkin saja muncul karena adanya infeksi pada saluran produksi. Terjadinya infeksi juga akan menandai penyebab keputihan abnormal. Tanda-tanda muncul penyebab keputihan abnormal ini adalah cairan keputihan menjadi berwarna putih susu dan tidak bening. Penyebab keputihan abnormal membuat cairan bisa berwarna keabuan dan kehijauan. Terdapat bercak-bercak darah pada cairan keputihan. Cairan keputihan juga menimbulkan bau tidak sedap, banyak jumlahnya, serta ada rasa gatal atau rasa terbakar di sekitar organ intim.
Flek-flek darah tidak mesti terjadi karena infeksi yang menjadi penyebab keputihan. Bisa jadi juga, terjadi luka lecet saat melakukan hubungan seksual. Flek darah ini sering diiringi dengan nyeri. Nantinya akan hilang sendiri. Kondisi ini tidak akan menjadi penyebab keputihan. Keputihan yang tidak wajar seperti muncul flek darah disebabkan oleh faktor-faktor lain. Penyebab keputihan ini bisa bermacam-macam, bisa karena parasit, bakteri, atau jamur. Munculnya penyebab keputihan tersebut bisa karena banyak hal. Faktor utama yang menjadi penyebabnya adalah daerah kewanitaan yang terlalu lembab atau tidak bersih.
Menjaga kelembaban daerah kewanitaan serta menjaga kebersihannya merupakan hal yang penting untuk mencegah penyebab keputihan tidak normal seperti munculnya flek darah. Selain itu, gunakanlah celana dalam yang berbahan katun serta sebisa mungkin hindari menggunakan celana ketat. Penggunaan celana ketat dapat menghambat aliran darah dan membuat organ intim menjadi berkeringat. Kalau begini kondisinya, penyebab keputihan seperti yang telah disebutkan di atas bisa muncul. Terakhir, berkonsultasi dengan dokter adalah cara terbaik untuk mengetahui apa penyebab keputihan serta bagaimana cara mengatasinya.  

Deskripsi: Penyebab keputihan yang disertai flek darah merupakan salah satu jenis keputihan yang tidak normal. Penyebab keputihan ini bisa jamur, parasit, bakteri, bahkan virus. 

0 comments:

Post a Comment