Thursday, 22 May 2014

// // Leave a Comment

Apa penyebab keputihan terus menerus?

Keputihan merupakan keluhan yang sering diajukan para wanita mengenai daerah kewanitaan. Keputihan sebenarnya hal yang wajar. Dalam istilah kedokteran, keputihan disebut dengan fluor albus. Penyebab keputihan dianggap normal jika hanya terjadi di masa-masa tertentu serta tidak terus menerus. Namun beda hal jika penyebab keputihan kemudian menimbulkan keputihan yang terus menerus. Sebagian wanita mengalami ini. Sudah berobat ke dokter, namun, hilangnya hanya saat itu. Beberapa minggu kemudian muncul lagi. Seolah apa penyebab keputihan tersebut tidak diketahui.

Penyebab keputihan normal adalah karena pengaruh kerja kelenjar aktif pada organ intim. Penyebab dari keputihan ini bisa karena adanya pengaruh hormon progestogen atau estrogen, bisa juga karena rangsangan emosional dan seksual. Masa-masa munculnya penyebab keputihan ini bisa saat sedang kelelahan, sesudah berhubungan intim, setelah melahirkan, menjelang haid, dan lain-lain. Cairan keputihan ini warnanya bening, encer, tidak berbau, dan tidak gatal. Cairan bisa bertambah atau berkurang, namun tidak terus menerus. Jika terjadi terus menerus, berarti ada penyebab keputihan lain yang menyebabkan keputihan tersebut terjadi.
Sementara tumbuhnya jamur bisa menjadi penyebab keputihan terus menerus. Ada pula keputihan disertai dengan rasa gatal yang berlebih. Penyebab dari keputihan karena jamur itu bisa terjadi karena 3 hal. Pertama, kondisi vagina kurang bersih dan lembab. Kurang bersih dan terlalu lembabnya vagina membuatnya mudah dijangkiti oleh bakteri, parasit, atau jamur. Penyebab keputihan yang kedua, konsumsi makanan mengandung gula yang terlalu banyak. Kadar gula yang tinggi memang bisa menjadi penyebab dari keputihan pada wanita. Faktor ketiga yang bisa menjadi pemicu penyebab keputihan terus-menerus adalah stres.  Jika salah satu dari ketiga kondisi tersebut terjadi secara terus-menerus, masuk akal jika keputihan juga bisa terjadi terus menerus.
Penyebab keputihan kadar gula tinggi dan stres barangkali lebih bisa dihindari dengan menghindari konsumsi makanan terlalu banyak gula serta sering-sering melakukan rileksasi. Sementara, penyebab keputihan karena kondisi vagina memang membutuhkan perhatian khusus. Kondisi organ kewanitaan yang lembab membuatnya sangat rentan dengan bakteri, jamur, atau parasit. Untuk langkah pencegahan, organ kewanitaan harus selalu dibersihkan dan dijaga kelembabannya. Berendam di air panas bisa menjadi salah satu cara untuk merawat organ intim, sekaligus menghindari penyebab keputihan. Untuk menjaga kelembaban, cobalah untuk menghindari penggunaan celana ketat dan gunakan celana dalam berbahan katun.
Lebih lanjut, untuk mengatasi penyebab keputihan karena jamur ini, lakukan pengobatan yang intensif, hingga akarnya tercabut. Kemudian, lakukan koreksi diri, mana di antara penyebab keputihan di atas yang pengaruhnya paling tinggi. Organ intim harus selalu dijaga dengan baik agar penyebab dari keputihan di atas tidak terjadi. Lebih baik lagi, lakukan konsultasi dengan dokter agar lebih mengetahui secara detail mengenai penyebab keputihan yang terjadi terus menerus dan cara mengatasinya.

Deskripsi: Penyebab keputihan terus menerus bisa karena 3 hal, karena kondisi stres yang berkepanjangan, makanan berkadar gula tinggi, serta organ ini terlalu lembab dan kurang bersih. 

0 comments:

Post a Comment